13 Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan

301 views

13 Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan – Buah Belimbing merupakan buah yang tumbuh didaerah tropis. Buah yang begitu banyak manfaatnya dan Bentuk yang menyerupai bintang dan dengan rasa manis dan asam. Kalau dalam bahasa Inggris disebut dengan Carambola atau Star Fruit ini merupakan buah dari tanaman asli dari Indonesia, Sri lanka dan India yang telah banyak dibudidayakan di kawasan Asia Tenggara, Tiongkok, Amerika Selatan dan Kepulauan-kepulauan di samudera Pasifik. Karena manfaat buah belimbing yang baik untuk kesehatan tubuh

manfaat buah belimbing
manfaat belimbing

Manfaat buah belimbing Seperti namanya dalam bahasa Inggris yaitu Star Fruit yang artinya adalah buah bintang, Buah Belimbing yang berwarna kuning kehijauan saat matang ini apabila dipotong melintang akan menampilkan bentuk seperti bintang. Buah Belimbing merupakan buah yang bisa dikonsumsi secara langsung yang masih segar atau bisa juga diawetkan ataupun diolah menjadi Jus Belimbing. sehingga anda bisa memanfaatkan buah belimbing sebagai vitamin yang diperlukan tubuh anda. Nama ilmiah buah belimbing adalah Averrhoa Carambola.

Kandungan dan manfaat buah belimbing

Kandungan Gizi Buah Belimbing,buah belimbing mengandung vitamin apa? berikut ini adalah beberapa kandungan gizi Buah Belimbing . Yang bagus dikonsumsi sehingga manfaat buah belimbing bisa melawan penyakit yang berada ditubuh anda. berikut kandungan dan manfaat buah belimbing :

  • Kalori
  • Karbohidrat
  • Air
  • Protein
  • Gula
  • Serat
  • Lemak
  • Vitamin A,C,D,E,B1 (Thiamine),B2 (Riboflavin),B3,B5,B6,B9 (Folat)
  • Kalsium
  • Zat Besi
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Potassium (Kalium)
  • Sodium
  • Seng (Zinc)

Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah belimbing untuk kesehatan tubuh kita. Namun perlu diketahui bahwa belimbing mengandung asam oksalat (oxalate) yang berbahaya bagi orang yang bermasalah ginjal sehingga tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah Belimbing mengandung Jumlah natrium dan kalium (potassium) yang tinggi sehingga dapat bertindak sebagai elektrolit dalam tubuh kita yang membantu menjaga tekanan darah serta memastikan jantung berdetak dengan teratur dan aliran darah yang sehat. Selain itu, kalium dapat secara efektif mengendalikan kadar tekanan darah. Tekan darah adalah salah satu faktor penyebab terjadinya masalah kardiovaskular. Sehingga mengkonsumsi buah belimbing bisa menjaga jantung anda sehat.

2. Anti-inflamasi (Anti Peradangan)

manfaat buah belimbing sebagai anti inflamasi. Kandungan antioksidan dan flavonoid yang tinggi dalam buah ini menjadikannya anti-inflamasi yang baik untuk berbagai gangguan kulit termasuk psoriasis dan dermatitis. Sumber vitamin C yang terdapat pada buah belimbing mampu membuang toksin dan menghasilkan kolagen. Kolagen adalah komponen penting yang memperbaiki dan membentuk tulang, arteri, dan pembuluh darah.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Buah belimbing kaya akan vitamin C, vitamin yang larut dalam air yang dianggap sebagai salah satu anti-oksidan terbaik bagi tubuh. Buah Belimbing merupakan buah yang menyediakan 34,4 mg Vitamin C yang merupakan 57% dari kebutuhan yang diperlukan tubuh kita sehari-hari. Karena Vitamin C merupakan antioksidan yang kuat, maka buah belimbing yang kaya akan Vitamin C ini juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan dingin, flu, dan infeksi umum lainnya.

Cara antioksidan untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh adalah dengan membersihkan racun dan radikal bebas yang terbentuk dalam tubuh kita sebagai akibat dari paparan lingkungan dan sistem metabolisme internal. Seperti yang kita ketahui Radikal bebas ini bertanggung jawab atas penyakit degeneratif dan kronis.

4. Memperlancar Sistem Pencernaan

Ahli gizi pada umumnya mendorong setiap orang untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat. Hal ini dikarenakan serat dapat membantu meringankan masalah atau gangguan pencernaan dalam tubuh kita. Buah Belimbing mengandung Serat tinggi yang dapat mengatasi berbagai masalah dan gangguan pencernaan seperti pergerakan usus yang tidak teratur. Selain itu, serat memungkinkan pertumbuhan bakteri yang baik untuk melawan infeksi pada usus besar. Infeksi usus besar merupakan salah satu penyebab gangguan pada sistem pencernaan tubuh kita.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A adalah vitamin esensial untuk menjaga alat indera penglihatan ini. Vitamin A yang terdapat pada buah Belimbing dapat menangkal faktor-faktor yang menyebabkan masalah mata seperti katarak dan degenerasi makula.

6. Mencegah Penyakit Kanker

Sebuah hasil Penelitian yang diterbitkan oleh jurnal “Advances in Pharmacological Sciences” menyatakan bahwa buah belimbing dapat dikembangkan menjadi suplemen alami yang efektif dalam melawan kanker. Ada juga Penelitian lain yang menyoroti kapasitas antioksidan dari buah belimbing menyatakan bahwa kulit buah ini merupakan sumber antioksidan yang tinggi. Selain itu, serat yang terdapat pada buah belimbing akan membersihkan usus besar dan mengurangi tingkat toksisitas yang mampu membantu untuk menurunkan anda terkena risiko kanker usus besar.

Manfaat buah belimbing untuk hipertensi

8. Penurun darah tinggi

Buah belimbing dengan penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi.

“Sudah ada beberapa penelitian yang melaporkan bahwa belimbing terbukti ampuh mengatasi darah tinggi. Dan itu semua berkat zat kalium dan pektin yang terkandung dalam buah belimbing,”khasiat buah belimbing untuk hipertensi.

Kalium itu sendiri berfungsi untuk mengatur kontraksi dan relaksasi otot jantung, sehingga pembuluh darah melebar, aliran darah lancar dan tekanan darah menjadi normal dengan buah belimbing penurun darah tinggi.

Kendati demikian,khasiat buah belimbing untuk darah tinggi tidak diketahui pasti berapa jumlah belimbing yang mesti dikonsumsi agar tekanan darah penderita hipertensi tetap di rentang normal. Hal yang jelas, bila buah berwarna kuning ini dikonsumsi secara teratur, pasti tekanan darah akan membaik, apalagi bila diimbangi dengan perubahan gaya hidup dan pola makan rendah garam (natrium).

Sangat banyak vitamin dari manfaat buah belimbing bagi ibu hamil,sebaiknya sebelum anda mengkonsumsi buah ini lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anda.

Manfaat buah belimbing buat ibu hamil

9. Buah belimbing buat ibu hamil

Buah belimbing untuk ibu hamil,buah belimbing kaya nutrisi. Nutrisi baik ini tentu punya pengaruh baik pula untuk kehamilan Anda. Oleh karena itu, mengonsumsi belimbing saat hamil sangatlah dianjurkan untuk membantu kehamilan anda tetap sehat.

khasiat buah belimbing untuk ibu hamil selanjutnya Belimbing mengandung karbohidrat, vitamin, komponen karoten, asam organik, mineral, dan nutrisi yang sangat penting untuk pertumbuhan bayi di dalam kandungan.

Baca juga :

Manfaat belimbing untuk wajah , diantaranya yaitu :

10. Manfaat buah belimbing untuk kulit

khasiat buah belimbing untuk wajah.Buah belimbing memiliki kandungan vitamin yang sangat tinggi, sehingga sangat berkhasiat dalam menghaluskan kulit wajah.khasiat buah belimbing untuk wajah Caranya yaitu, siapkan 1 buah belimbing yang telah matang, lalu bersihkan dan parut sampai habis. Setelah itu, bersihkan kulit wajah terlebih dahulu kemudian oleskan parutan buah belimbing tadi keseluruh kulit wajah yang kering. Diamkan selama 15 menit, lalu bersihkan dan lakukan perawatan tersebut secara teratur setiap hari sampai kulit tampak halus dan lembut.

Manfaat buah belimbing untuk kecantikan

11. Mencegah kerutan dan tanda penuaan

Selain dapat menghaluskan kulit wajah yang kering dan kasar, cara diatas juga dapat membantu menjaga kulit anda dari keriput dan mencegah tanda-tanda penuaan lainnya.

12. Mengurangi kadar minyak berlebih

Salah satu penyebab tumbuhnya jerawat adalah kulit berminyak, maka jika kulit tidak berminyak jarang terkena masalah jerawat. Cara seperti diatas bermanfaat untuk mengurangi produksi minyak yang berlebih pada kulit wajah anda.

13. Mencegah dan menghilangkan jerawat

Buah belimbing kaya akan kandungan vitamin C, sehingga sangat ampuh dalam melawan dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Bagi anda yang memiliki kulit wajah berjerawat, anda dapat melakukan cara menggosok-gosokan buah belimbing yang telah di belah pada kulit wajah yang berjerawat secara perlahan.

Setelah itu, diamkan selama semalam dan bersihkan pada pagi hari setelah anda terbangun. Pada awal pemakaian, jerawat akan matang dan mengeluarkan kotoran seperti nanah, biarkan karena itu artinya kotoran di dalam kulit wajah sedang dikeluarkan. Dalam beberapa hari jerawat akan mati dan kering, setelah itu sedikit demi sedikit jerawat pun akan mengilang sehingga kulit wajah akan tampak lebih bersih dan jauh dari jerawat. Lakukan secara rutin setiap malam sebelum tidur, jangan lupa sebelum melakukan perawatan bersihkan terlebih dahulu kulit wajah dengan air hangat.

Nah,itulah 13 Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan yang bisa anda nikmati dari buah belimbing untuk mengambil manfaat dari buah tersebut untuk kesehatan tubuh anda.

Baca juga :

Tags: #kandungan dan manfaat buah belimbing #manfaat buah belimbing #manfaat buah belimbing bagi ibu hamil #manfaat buah belimbing bagi kesehatan #manfaat buah belimbing bagi tubuh #manfaat buah belimbing manis untuk hipertensi #manfaat buah belimbing untuk ibu hamil #manfaat buah belimbing untuk kecantikan #manfaat buah belimbing untuk kesehatan #manfaat buah belimbing untuk kulit #manfaat buah belimbing untuk wajah #manfaat buah belimbing wuluh #manfaat buah belimbing wuluh untuk kecantikan #manfaat buah belimbing wuluh untuk kesehatan #manfaat buah belimbing wuluh untuk wajah

Leave a reply "13 Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan"

Author: 
    author