16 Manfaat Rebusan Daun Salam dan Efek Samping Serta Pengolahannya

40 views

Daun salam merupakan daun yang begitu banyak manfaatnya mulai sebagai pelengkap bumbu dapur ataupun sebagai obat herbal alami yang ampuh sebagai penumpas berbagai penyakit yang bersarang didalam tubuh. Untuk itu mari kita ungkap manfaat daun salam dan efek sampingnya.

Manfaat Daun Salam

Sebelum mengulas tentang manfaat daun salam anda perlu mengetahui kandungan senyawa yang terdapat pada daun salam. Kandungan senyawa pada daun salam antara lain kalori, karbohidrat, serat, mineral, dan vitamin A, B-6, B-9, C.

Daun salam juga mengandung minyak esensial ,seperti eugenol dan metil kavikol. Serta ekstrak etanol dalam daun sebagai anti jamur serta anti bakteri dan ekstrak metanol sebagai anti cacing.

Untuk kandungan kimia antara lain flavanoida,tannin dan minyak atsiri. Banyak orang bertanya tanya tentang

Apa manfaat daun salam ?
Daun salam obat apa saja ?

Untuk menjawab pertanyaan berikut mari kita ulas tentang Manfaat daun salam.

Manfaat daun salam


Kandungan senyawa yang dimiliki daun salam antara lain niasin, serat, tannin, dan vitamin C yang berfungsi untuk menurunkan kadar trigliserida. Kandungan yang terdapat di dalamnya membuat kamu harus mencoba mengolahnya untuk dijadikan obat herbal. Berikut manfaat daun salam dan efek sampingnya :

1. Manfaat Daun Salam untuk Diet

Bagi anda yang sedang melakukan program diet bisa mencoba dengan cara dikunyah maupun direbus. Untuk merebus bisa anda menyiapkan satu liter air dan 6 lembar daun salam tambahkan 1 sendok madu dan 1 sendok bubuk kayu manis, kemudian rebus hingga air mendidih dan tunggu sampai air rebusan berubah warna. Kosumsi air rebusan daun salam dipagi hari saat perut masih belum terisi.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Bagi anda penderita darah tinggi atau hipertensi anda bisa memanfaatkan daun salam sebagai obat herbal hipertensi. ambil 15 lembar daun salam kemudian tambahkan kurang lebih 3 gelas air rebus sampai mendidih hingga menjadi 1 gelas.

kemudian minum air rebusan tersebut secara rutin setiap hari,sampai tekanan darah anda menurun. Karena air rebusan tersebut dapat membantu sirkulasi darah anda. Untuk cara lebih tepat untuk mengetahui dan mencegah penyakit darah tinggi bisa dilihat diartikel sebelumnya.

3. Membantu Mengontrol Diabetes

Beberapa penilitian mengatakan bahwa daun salam bermanfaat mengatasi diabetes dan kolesterol dalam darah. Karena kandungan antioksidan yang terdapat didalamnya dapat membantu proses insulin dalam tubuh untuk mengontrol kadar gula dan kolesterol dalam darah.

Untuk cara pengolahan anda bisa memanfaatkan air rebusan daun salam untuk Diabetes dengan mengambil 20 lembar dan 600 ml air kemudian rebus sampai mendidih tunggu sampai air tinggal 200 ml kemudian saring lalu minum air rebusan tersebut secara rutin 2 kali sehari sekali minum 100 ml. Untuk lebih lanjut tentang mencegah diabetes bisa dilihat diartikel sebelumnya.

4. Mengobati Asam Urat

Daun salam juga bermanfaat untuk mengobati Asam urat. Tanda anda terkena asam urat dan penyebabnya bisa dilhat disini. Untuk cara pengolahan anda bisa mengambil 10 helai daun dan air sebanyak 700 cc kemudian rebus sampai mendidih dan diamkan sampai air tersisa 200 cc,lalu minum air rebusan tersebut selagi hangat.

5. Menurunkan Kolesterol

Kandungan senyawa Antioksidan dapat membantu proses insulin untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
Untuk cara pengolahan sesuai dengan mengobati asam urat.

6. Membantu Pencegahan Kanker

Efek radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker dapat kita cegah dengan mengkonsumsi ekstrak daun salam secara rutin untuk menghambat atau mencegah kanker. Karena kandungan fitonutrien, katekin, linalool, dan parthenolide, dapat membantu melindungi tubuh dari efek radikal bebas.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan senyawa flavanoid seperti salyclate ,asam caffeic ,dan fitonutrien.yang terdapat pada air rebusan daun salam mampu menjaga kesehatan jantung dan mencegah stroke. Untuk mencegah serangan jantung juga bisa dilihat disini.

8. Mengobati Batu Ginjal

Memanfaatkan air rebusan daun salam untuk mengobati batu ginjal.
Ekstrak daun salam dipercaya mengurangi zat urease yang berlebihan didalam tubuh, dimana bila kelebihan zat tersebut bisa menyebabkan beberapa gangguan pada lambung dan merupakan salah satu faktor penyebab batu ginjal. Namun pengujian tersebut masih perlu diteliti lebih lanjut.

9. Mengobati Masalah Pencernaan

Khasiat daun salam juga bisa membantu proses pencernaan karena dauan tersebut memiliki efek pada sistem gastrointestinal, yang bisa merangsang buang air kecil dan juga merangsang tubuh untuk menolak racun yang masuk kedalam tubuh.

Dan juga mengatasi sembelit dikarenakan protein yang lebih kompleks dan enzim yang terdapat didalamnya dapat membantu melancarkan pencernaan dan asupan nutrisi yang baik.

10. Menjaga Kesehatan Mata

Selain untuk menambah rasa pada masakan anda daun tersebut juga berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Karena kandungan senyawa yang lengkap yang terdapat pada daun tersebut.

11. Meringankan Nyeri Otot

Ekstrak minyak esensial yang dihasilkan dari daun salam mengandung sifat anti peradangan sehingga dapat digunakan untuk mengurangi rasa nyeri yang diderita akibat rematik,athritis,ketegangan otot,keseleo dan penyebab otot lainnya.

12. Mengobati Luka Dan Bekas Luka

Senyawa yang terkandung didalamnya mempunyai Sifat antibakteri dan antimikroba, yang dapat mengobati luka dan bekas luka. Untuk cara menggunakannya Tumbuk daun salam dan mengoleskan pada bagian luka atau bekas luka tersebut.

13. Mengatasi Masalah Kewanitaan

Dengan memanfaatkan rebusan daun salam dipercaya mampu mengatasi masalah kewanitaan seperti Menstruasi atau haid menjadi teratur dan normal selain itu juga bermanfaat untuk mengatasi masalah keputihan. Untuk mendapatkan khasiatnya bisa dengan meminum air rebusan daun salam.

Banyak sekali manfaat daun salam bagi kesehatan,dari penyakit yang berat maupun sebagai imunitas tubuh namun selain itu daun salam juga memiliki efek samping yang begitu berbahaya bagi tubuh apabila anda belum mengetahui efek sampingnya baik mari kita ulas sebagai berikut :

Lalu Apa Efek Samping Daun Salam

Sebaiknya untuk mengonsumsi daun salam dengan memanfaatkan air rebusan nya. Karena daun salam tidak mudah dicerna didalam tubuh meskipun daun salam sudah dikunyah, dan itu bisa menyebabkan terjadinya gangguan pada tenggorokan dan saluran pencernaan.

Untuk mengkonsumsi daun tersebut pastikan daun sebelum direbus atau dimasak, dalam keadaan bersih sudah dicuci dengan air mengalir dan dimasak hingga benar benar matang.

Karena daun salam mentah atau kurang matang mengandung beberapa bakteri yang bisa menyebabkan infeksi. Sebaiknya untuk mengkonsumsi air rebusan daun tersebut konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anda untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain diatas ada beberapa hal yang tidak dianjurkan dikonsumsi bagi :

14. Ibu Hamil dan Menyusui

Bagi ibu hamil dan menyusui sebaiknnya berhati -hati saat hendak mengkonsumsi daun salam,karena saat ini belum ada pengujian atau takaran yang aman buat ibu hamil dan menyusui. Sebaiknya sebelum mengkonsumsi daun tersebut konsultasikan dengan dokter anda terlebih dahulu.

15. Pasien yang melakukan operasi pembedahan

Sebaiknya bagi anda yang mau menjalani operasi bedah, hindari mengkonsumsi daun salam kurang lebih 2 minggu sebelum menjalankan operasi. Karena menurut penilitian daun salam dapat memperlambat sistem kerja saraf dan otak, sehingga beresiko mengganggu jalannya efek pengobatan anestasi dan jalannya pembedahan maupun setelahnya.

16. Penderita Diabetes

Walaupun daun salam dipercaya mampu menurunkan kadar gula darah, sehingga dapat menyembuhkan penyakit diabetes namun hal ini masih beresiko. Karena daun salam dapat menyebabkan hipoglikemia yang mengakibatkan penurunan gula darah yang dratis atau berlebihan dan sulit untuk dikontrol. Sebaiknya sebelum mengkonsumsi dari khasiat daun salam kunsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anda.

Banyak sekali yang kita ambil dari manfaat daun salam dan efek samping nya bagi kesehatan. Secara umum mengkonsumsi daun salam sebagai pelengkap bumbu masakan memang tergolong aman. Namun apabila daun salam sebagai obat herbal sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter herbal ataupun dokter kesayangan anda.

Leave a reply "16 Manfaat Rebusan Daun Salam dan Efek Samping Serta Pengolahannya"

Author: 
    author